Buku panduan kurikulum merdeka kemenag pdf

 

Buku panduan kurikulum merdeka kemenag pdf

Buku panduan kurikulum merdeka Kemenag pdf

Diterbitkan Buku Panduan Kurikulum Merdeka versi Kemenag seiring dengan keluarnya Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 347 Tahun 2022. Buku panduan penerapan kurikulum merdeka di kalangan madrasah agar sistem pendidikan nasional tidak ada perbedaan antara sekolah di kalangan kementerian pendidikan, dan madrasah di bawah kementerian agama (Kemenag).

Buku panduan tersebut rencana semula mulai digunakan mulai tahun pelajaran 2022/2023 hanya kepada madrasah yang mengikuti Piloting. Pada tahap berikutnya implementasi kurikulum merdeka di kalangan Kementerian Agama (Kemenag) seluruh madrasah pada tahun pelajaran 2023/2024.  

Kementerian Agama RI melalui Direktorat Kurikulum, Fasilitas, Kelembagaan dan Kemahasiswaan Madrasah (KSKK), Ditjen Pendis menggelar Bedah Buku Pedoman Pembelajaran Madrasah (Kelas I), secara bertahap sebagaimana telah dilaksanakan pada Rabu-Jumat (8 -10/06/2022), di Yogyakarta,

Kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah akademisi; Dosen dari berbagai perguruan tinggi, Pengawas, Kepala Madrasah, Balitbang, peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan guru madrasah.

Baca Juga : 2023 Buku Panduan Kerja TAS Sekolah/Madrasah doc 

Baca Juga : Contoh Buku Pembinaan Guru dan Tendik Oleh kepala madrasah 

Menyusun Enam Buku Implementasi Kurikulum Merdeka

Direktur KSKK Madrasah, Moh. Isom mengungkapkan, target dan tujuan kegiatan bedah buku selama 3 hari tersebut menyusun enam buku panduan implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat diterapkan di madrasah pilot project, yaitu;

             1)     Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Mandiri di Madrasah.

2)  Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM).

3)     Ketiga, Panduan Pembelajaran dan Penilaian.

4)     Pedoman Penilaian.

5)     Panduan Proyek Profil Siswa Pancasila Rahmatan Lil-Alamin, dan

6) Panduan Pengembangan Modul Instruksional atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) beserta contoh-contohnya.

Melalui pedoman tersebut,  diharapkan tidak ada lagi dualisme antara madrasah dan sekolah, termasuk alokasi anggaran juga harus sama. Sehingga pendidikan madrasah  sama dengan sekolah dari muatan pelajaran umum, dan ditambah dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan bahasa Arab.

Perbedaan sekolah dengan madrasah adalah pada lima mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI)  dan Bahasa Arab, jadi madrasah adalah sekolah plus pelajaran PAI. Perbedaan ini penting untuk menjaga iklim akademik madrasah agar tetap moderat dalam agama, bukan sekuler atau liberal. Jelas direktur KSKK.

Penerapan kurikulum Merdeka di madrasah telah dituangkan dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 347 Tahun 2022 sebagai pedoman pelaksanaannya.

Pedoman tersebut diharapkan dapat digunakan mulai tahun ajaran 2023/2024 secara nasional, karena bila pelaksanaan “Assessment nasional, soal sama dengan sekolah”. Hal  perlu dilaksanakan segera kepada madrasah peserta Uji Coba implementasi kurikulum mandiri, dan segera dilaksanakan secara nasional supaya madrasah dan sekolah sama sistem pendidikan.

Mau download Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 347 Tahun 2022 

Di sini juga boleh;  Download

Ok, Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tuliskan Komentar Positif anda