KKO Kurikulum 2013 Revisi 2017

KKO Kurikulum 2013 Revisi 2017

https://sekolahno1.blogspot.com/2017/10/kko-kurikulum-2013-revisi-2017.html

KKO Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Kata Kerja Operasional (KKO) Revisi Taksonomi Bloom.  KKO perlu diketahui oleh semua guru dan calon guru agar mudah dalam menentukan kata-kata yang tepat sasaran dalam tiga (3) Ranah penilaian dalam Proses Belajar Mengajar (PBM). KKO kurikulum 2013 yang revisi 2017,  perlu diketahui juga oleh guru, dosen dan calon guru yaitu mahasiswa yang berasal dari FKIP/ Tarbiyah.  Tiga ranah penilaian itu yaitu; 1). Ranah koqnitif, 2). Ranah Afektif dan 3.) Ranah Psikomotorik. Berikut ini diasajikan agar dapat diterapkan dalam PBM tersebut.


KKO Kurikulum 2013 Revisi 2017 adalah sebagai berikut; ...
1.)     Ranah Kognitif (Pengetahuan)

(Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. : 2001)
Taksonomi Bloom Lama
C1
(Pengrtahuan)
C2
(Pemahaman)
C3
(Aplikasi)
C4
(Analisis)
C5
(Sintesis)
C6
(Evaluasi)
Taksonomi Bloom Revisi
C1
(Mengingat)
C2
(Memahami)
C3
(Mengaplikasikan)
C4
(Menganalisis)
C5
(Menevaluasi)
C6
(Mencipta)







Mengingat
(remember)
Memahami
(Understad)
Mengaplikasikan
Apply)
Menganalisis
(Analyze)
Mengevaluasi
(Evaluate)
Mencipta
(Create)
Mengutip
Menebitkan
Menjelaskan
Memasagkan
Membaca
Menamai
Meninjau
Mentabulasi
Memberi kode
Menulis
Menytakan
Menunjukkan
Mendaftar
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Menghafal
Mencatat
Meniru
Memperkirakan
Menceritajan
Merinci
Megubah
Memperluas
Menjabarkan
Mnconthkan
Mengemukakan
Menggali
Mengubah
Menghitung
Menguraikan
Mempertahankan
Mngartikan
Menerangkan
Menafsirkan
Memprediksi
Melaporkan
membedakan
Mengaskan
Menentukan
Menerapkan
Memodifikasi
Membangun
Mencegah
Melatih
Menyelidiki
Memproses
Memecahkan
Melakukan
Mensimulasikan
Mengurutkan
Membiasakan
Mengklasifikasi
Menyesuaikan
Menjalankan
Mengoperasikan
Meramalkan
Memecahkan
Menegaskan
Meganalisis
Menimpulkan
Menjelajah
Mengaitkan
Mentransfer
Mengedit
Menemukan
Menyeleksi
Mengoreksi
Mendeteksi
Menelaah
Mengukur
Membangunkan
Merasionalkan
Mendiagnosis
Memfokuskan
Memadukan
Membandingkan
Menilai
Mengarahkan
Mengukur
Meangkum
Mendukung
Memilih
Memproyeksikan
Mengkritik
Mengarahkan
Memutukan
Memisahkan
menimbang
Mengumpulkan
Mengatur
Erancang
Membuat
Merearasi
Memperjelas
Mengarang
Menyususn
Mengode
Mengkombinasikan
Memfasilitasi
Mengkonstruksi
Merumuskan
Menghubungkan
Menciptakan
menampilkan








2.)    Ranah Afektif  (Sikap)
A1
Menerima
A2
Merspon
A3
Menghargai
A4
Mngorganisaikan
A5
Karakterisasi Menurut Nilai
Mengikuti
Menganut
Mematuhi
Meminati
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Maporkan
Memilih
Menampilkan
Menyetujui
Mengatakan
Mengsumsikan
Meykinkan
Memperjelas
Menekankan
Menyumbang
Mengimani
Mengubah
Menata
Membangun
Membentuk pendapat
Memadukan
Mengelola
Merembuk
Menegoisasi
Membiasakan
Mengubah perilaku
Berakhlak mulia
Melayani
Membuktikan
Memecahkan

3.)    Ranah Psikomotorik (Ketrampilan)
P1
Meniru
P2
Manipulasi
P3
Presisi
P4
Artikulasi
P5
Naturalisasi
 Menyalin
Mengikuti
Mereplikasi
Mengulangi
Mematuhi
Mengaktifkan
Menyesuaikan
Menggabungkan
Melamar
Mengatur
Mengumpulkan
Menimbang
Memperkecil
Membangun
Mengubah
Membersihkan
Memposisikan
Mengkonstruksi

Kembali membuat
Membangun
Melakukan
Melaksanakan
Menerapkan  
Mengoreksi
Mendemonstrasikan
Merancang
Memilah
Melatih
Memperbaiki
Mengidentifikasikan
Mengisi
Menempatkan
Membuat
Memanipulasi
Mereparasi
Mencampur
Menunjukkan
Melengapi
Menyempurnakan
Mengkalibrasi
Mengendalikan
Mengalihkan
Menggantikan
Memutar
Mengirim
Memindahkan
Mendorong
Menarik
Memproduksi
Mencampur
Mengoperasikan
Mengemas
Membungkus
Membangun
Mengatasi
Menggabungkan
Beradaptasi
Memodifikasi
Merumuskan
Mengalihkan
Mempertajam
Membentuk
Memadankan
Menggunakan
Memulai
Menyetir
Menjelaskan
Menempel
Menskestsa
Mendengarkan
Menimbang

Mendesain
Menentukan
Mengelola

KKO Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Apabila, Kata Kerja Operasional (KKO) Revisi Taksonomi Bloom-sudah diketahui, maka kata-kata tersebut akan mudah diterapkan dalam PBM. Penguasaan KKO juga akan mudah dalam membuat RPP dan pembuatan kisi-kisi soal dan soal ujian. Penggunaan kata-kata merupakan bagian dari penguasaan kurikulum 2013 untuk diterapkan dalam berbagai tingkatan tersebut dapat menentukan skors nilai yang diharapakan, terutama dalam soal essay Tes. Sedangkan dalam soal multiple choice tingkatan skors dapat disamakan karena sudah ada pilihan jawaban. Demikian informasi dari https://sekolahno1.blogspot.com semoga bermanfaat.

5 komentar:

Silakan Tuliskan Komentar Positif anda