Contoh Format Buku Klapper Siswa SD/MI

               Contoh Format Buku Klapper Siswa SD/MI

Contoh Format Buku Klapper Siswa SD/MI
                       Gambar 1. Contoh Cover Buku Klapper Siswa SD/MI

    Buku Klapper Siswa adalah dokumen administrasi sekolah/madrasah pada tiap satuan pendidikan merupakan bagian dari tinjauan akreditasi sekolah/madrasah yang harus dilengkapi oleh setiap satuan pendidikan. Contoh Format Buku KlapperSiswa SD/MI, yang kami bagikan berikut ini kiranya dapat membantu sekolah/madrasah untuk melengkapinya, sehingga dapat memenuhi bagian dari item administrasi. Tak dapat dipungkiri bahwa ada sekolah/madrasah yang belum melengkapi dokumen Buku Klapper Siswa. Ada sebagian tenaga kependidikan, atau tenaga administrasi sekolah/madrasah yang masih asing dengan Buku Klapper Siswa. Pada kesempatan ini kami bagikan, Contoh Format Buku Klapper Siswa SD/MI. Namun, ada  yang menulis Buku Klaper, atau Kliper Siswa, maksud dan tujuan sama yaitu tentang data siswa. Pada kesempatan ini kami bagikan kepada tenaga administrasi sekolah/madrasah di masing-masing satuan pendidikan sebagai, Contoh Format Buku Klapper Siswa SD/MI,  kiranya dapat membantu satuan pendidikan di tingkat SD/MI. 

Berikut ini kami bagikan pengertian dari  Buku Klapper Siswa kegunaan, manfaat, dan cara mengisi buku klapper siswa. Tujuannya agar bapak/ibu dapat menggunakan sesuai harapan buku klapper siswa..

    Berikut ini adalah  ada banyak sebutan dari; contoh isi buku klapper, klipar atau kliper. Berbeda sebutan, namun isi adalah seperti dibawah; . . .

 

Contoh Format Buku Klapper Siswa SD/MI
                    Gambar 2, Contoh Format Buku Klapper Siswa SD/MI

Logo dan kop dapat disesuaikan dengan satuan pendidikan masing-masing. Untuk madrasah negeri tidak ada logo sebelah kanan, kecuali yang swasta. ( Lihat gambar 2)


BACA JUGA: 2023 Contoh Buku Klapper Siswa SMP/MTs

BACA JUGA : 2023 Contoh Buku Klapper Siswa SMA/MA/SMK

1) 

      Pengertian

Ada sebagian tenaga administrasi sekolah/madrasah belum membuat karena belum mengetahui, Apa itu buku klapper siswa sd? Buku Klapper adalah  adalah buku administrasi kesiswaan yang berisi data siswa yang diurutkan dari A sampai Z pada suatu satuan pendidikan. Melalui Buku Klapper siswa akan  mempermudah tenaga administrasi sekolah mendata siswa. Buku klapper siswa berkaitan dengan Buku Induk Siswa, saling melengkapi data siswa. Sehingga perlu dibuat di setiap satuan pendidikan sebagai pelengkap administrasi kesiswaan.

2)   Kegunaan

Lantas, apa kegunaan buku klapper siswa? Buku ini berguna bagi tenaga administrasi sekolah bidang  tata usaha yang membidangi kesiswaan ada data pelengkap kesiswaa. Di samping itu berguna untuk pemeriksaan oleh pengawas sekolah/madrasah, asesor dalam kegiatan akreditasi sekolah/madrasah.

3)   Manfaat

buku klapper siswa bermanfaat dibagi dua;

a.    Secara umum untuk data siswa secara administrasi sekolah bidang kesiswaan.

b.    Secara khususnya bahwa tenaga administrasi sekolah atau bidang tata usaha membantu kepala sekolah/madrasah mengetahui data kesiswaan pada satuan pendidikan.

4)   Contoh format

Berikut ini kami tunjukkan contoh format Buku klapper siswa SD/MI adalah sebagai berikut;

Ø  Kop SD di sebelah kiri dan logo SD di sebelah kanan. Kepada madrasah dapat menyesuaikan, logo kementerian agama, namun kepada madrasah negeri logo madrasah sama, sehingga logo hanya sebelah kiri saja. Kepada Madrasah swasta boleh menempel di sebelah kanan atas.  

Ø  Judul

Ø  Tahun Pelajaran

Ø  Tabel (secara berurutan adalah; Nomor urut, induk, NISN, Nama siswa, L/P, TTL, Nama Orangtua, Tanggal masuk sekolah/ naik ke kelas, tinggal di kelas (bila ada), dan Tanggal tamat sekolah, harus diisi dan Keterangan, lihat contoh di tabel ). Sebagai catatan nomor NISN harus diverifikasi kebenaran yang valid, bukan duplikat atau sama dengan siswa lain.

 

 [5] Cara Mengisi Buku Klapper Siswa

   Isilah semua nama siswa, data yang lengkap yang berurut sesuai abjad, A ke Z. Keteraturan sesuai abjad akan memudahkan permeriksaan olehH sesiapa saja yang membutuhkan data kesiswaan. Semoga posting artikel ini bermanfaan kepada bapak/ibu di bidang tata usahaan di sekolah. Semoga membantu dan bermanfaat ya!

 

Berikut ini kami bagikan Contoh Format Buku Klapper Siswa SD/MI format doc. Bapak / ibu boleh Download di SINI.

Di sini juga boleh Download. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tuliskan Komentar Positif anda