Contoh Buku Pembinaan Guru dan Tendik Oleh kepala madrasah

 

Buku-pembinaan-guru-dan-tendik-oleh-kepala-madrasah

Contoh Cover Buku Pembinaan Guru dan Tendik 

Buku Pembinaan Guru dan Tendik oleh kepala Sekolah/Madrasah

Berikut ini kami sajikan contoh buku Pembinaan Guru dan tenaga kependidikan (Tendik) oleh kepala sekolah /madrasah yang merupakan bahagian dari tugas kepemimpinan kepala sekolah/ madrasah untuk membina guru dan tenaga administrasi, Tata Usaha (TU), menyangkut surat-menyurat, dokumentasi, inventaris, buku barang, dan lainnya. Pekerjaan ini ditangani oleh tenaga administrasi (TAS). 

Pembinaan Guru 

Dalam pembinaan guru  berorientasi kepada empat (4) kompetensinya, dan disiplin PNS. Kompetensi guru berlandaskan undang-undang guru/dosen no. 14 tahun 2005 pasal 8. Kompetensi itu terdiri dari;

                a )   Pembinaan  kompetensi kepribadiaan

                b)   Pembinaan  kompetensi  profesional

                c)   Pembinaan  kompetensi  pedagogik

                d)   Pembinaan kompetensi sosial

    Kompetensi profesional, dalam hal mengajar dan  ketepatan media yang digunakan pada saat melaksanakan proses pembelajaran di kelas atau di luar kelas.

Di samping itu juga harus di supervisi guru di kelas, dimana ada kekurangan dapat dibina, secara perorangan atau kelompok tergantung kondisi di masing-masing sekolah/madrasah. Keterampilan mengajar guru, kompetensi pedagogik, profesional, dan lainnya harus diamati oleh kepala sekolah.

 


Contoh Format Buku Pembinaan Guru dan Tendik 

           Contoh format buku pembinaan guru di atas juga dapat digunakan untuk tenaga administrasi, Tata usaha (TU), dan tenaga kependidikan (tendik) lainnya. Ada sebagian kepala sekolah/ madrasah memisahkan antara buku pembinaan guru dengan tenaga pembinaan Tendik. Format dapat disesuaikan. bila digabung seperti diatas, atau memisahkan nya, tinggal sesuaikan kolom. Namun, di bawah ini bapak/ibu boleh men download sebagai contoh buku pembinaan yang sesuai dapat dipilih.    

      Sebagai catatan bahwa format Buku Catatan Pembinaan Guru oleh kepala sekolah/madrasah relatif bervariasi, namun, format buku yang kami tampilkan sudah mewakili. Masalah isi buku Catatan Pembinaan Guru oleh kepala sekolah/madrasah bergantung dengan kondisi guru/ tenaga administrasi atau tata usaha (TU) yang dihadapi oleh kepala sekolah/madrasah masing-masing. Diisi berdasarkan kebutuhan atau menurut kompentensi yang memerlukan pembinaan untuk guru atau tenaga administrasi sekolah (TAS).  Berikut ini kami lampirkan ada tiga (3)versi buku pembinaan guru/ tenaga administrasi (TU, agar dapat digunakan sebagai catatan oleh kepala sekolah/madrasah sesuai keperluan, dapat dipilih, Buku catatan pembinaan, dan Buku pembinaan dalam bentuk teguran. 

Baca Juga : Contoh Format Buku Klapper Siswa SD/MI

Baca juga : 2023 Contoh Buku Klapper Siswa smp/mts 

Baca Juga : 2023 Contoh Buku Klapper Siswa SMA/MA/SMK

Kedisiplinan PNS

       Menyangkut kedisiplinan pegawai negeri sipil terdapat pada PP Nomor 94 tahun 2021 yang mengatur tentang kewajiban, larangan dan hukuman disiplin yang dapat dijatuhkan kepada PNS bila ada pelanggaran. Tingkat kedisiplinan dan teguran diatur secara bertahap, teguran lisan dan tertulis.

     Kepala sekolah/madrasah harus mensupervisi tenaga pendidik dan kependidikan, guru dan tenaga administrasi memenuhi standarisasi profesional. Dimana terdapat kekurangan perlu dibina, dan ini adalah bagian dari kepemimpinan kepala sekolah/madrasah. 

     Buku pembinaan guru/ tenaga administrasi (TAS), atau tenaga tata usaha (TU), yang kami lampirkan ini kirannya dapat dipilih sesuai keperluan diantara pembinaan dan teguran. --Semoga bermanfaat.

 

Mau Download format Buku Pembinaan Guru oleh Kepala Sekolah/Madrasah ....SINI

1 komentar:

Silakan Tuliskan Komentar Positif anda