Silabus IPS kurikulum 2013 SMP Revisi 2017

Silabus IPS kurikulum 2013 SMP Revisi 2017

https://sekolahno1.blogspot.com/2018/03/silabus-ips-kurikulum-2013-smp-revisi.html




Mata Pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) yang diajarkan di tingkat SMP/MTs adalah memadukan  (integrated)  konsep  geografi,  sosiologi,  ekonomi,  dan  sejarah.  Mata Pelajaran IPS menggunakan geografi sebagai titik tolak (platform) kajian dengan pertimbangan semua tempat, benda, sumber daya dan peristiwa terikat dengan lokasi. Tujuannya Pengajaran IPS di tingkat SMP/MTS adalah untuk menginforsikan pentingnya ruang hidup dan sumberdaya bagi manusia karena ruang selalu saling berhubungan dan saling melengkapi. Silabus IPS kurikulum 2013 SMP Revisi 2017Akibat dari interaksi antara alam dan manusia, serta konektivitas antarruang, kondisi ruang senantiasa berubah menurut waktu dan perkembangan teknologi yang digunakan oleh manusia. Untuk itu diharapkan ruang (space) memberi batas dan koneksi sesuai dengan waktu dan masanya.


Sebagaimana disampaikan dalam buku ini bahwawa, “Pembelajaran IPS diorganisasikan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner dari Ilmu-ilmu Sosial, Humaniora, dan Psikologi sesuai perkembangan peserta didik. Dengan adanya silabus ini para guru punya pedoman tentang mata pelajaran IPS ini. Dalam kontek pembelajaran IPS, ruang dimaknai sebagai ruang kehidupan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pembelajaran IPS diharapkan dapat mengembangkan rasa cinta terhadap tanah air, memperkokoh kesatuan dan persatuan NKRI. Adapun dalam konteks pembentukan manusia Indonesia, pembelajaran IPS di SMP/MTs diharapkan dapat memberi pemahaman tentang lingkungan dan masyarakat dalam lingkup nasional dan internasional sehingga dapat mengembangkan pengetahuan, sikap, berpikir logis, sistematis, kritis, analitis, dan berketerampilan sosial. Semua itu, pada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman potensi wilayah Indonesia, juga mengembangkan  nasionalisme,  memperkokoh  sikap  kebangsaan,  dan  mampu  bekerja sama dalam masyarakat majemuk selaku warga masyarakat, warga negara dan warga dunia”.

Dalam Buku ini, Silabus IPS kurikulum 2013 SMP Revisi 2017, Judul Asli buku, “Model silabus mata pelajaran sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah (SMP/MTS) mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) 2017”, dijelaskan tentang Kompetensi dasar, materi pokok, dan pembelajaran, mulai kelas VII, kelas VIII dan Kelas IX. Model silabus dan satuan pendidikan dijelaskan  mulai dari kelas VII, kelas VIII dan kelas IX. Model rencana pelaksanaan pembelajaran,  kelas VII, kelas VIII dan kelas IX.

Uraian di atas hanya ringkasan, bila mau baca lengkap, Silabus IPS kurikulum 2013 SMP Revisi 2017, silakan DOWNLOAD aja atau boleh klik di SINI.
    

4 komentar:

Silakan Tuliskan Komentar Positif anda