KMA Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Madrasah

KMA Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Madrasah

https://sekolahno1.blogspot.com/2019/08/kma-nomor-184-tahun-2019-tentang.html

Pada tahun ini menteri agama mengeluarkan, Keputusan Materi Agama (KMA) Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Madrasah-KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah, Sebagai lanjutan dari Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.  

Implementasi  Kurikulum madrasah untuk merespon tuntutan zaman tentang  Kurikulum PAI dan Bahasa Arab untuk menyiapkan peserta didik madrasah mampu beradaptasi dengan perubahan Teknologi dan informasi global, memiliki kompetensi memahami prinsip-prinsip agama Islam, baik terkait dengan akidah akhlak, syariah dan perkembangan budaya Islam, terciptanya hubungan antar umat manusia dan alam.

Pemahaman keagamaan peserta didik agar dapat berprilaku sesuai dengan nilai-nilai agama menjadi pertimbangan dalam cara berpikir, bersikap dan bertindak. Selain itu, peserta didik diharapkan mampu mengekspresikan pemahaman agamanya dalam hidup bersama yang multikultural, multietnis, multipaham keagamaan dan kompleksitas kehidupan secara bertanggungjawab, toleran dan moderat dalam kerangka berbangsa dan bernegara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

KMA 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah diterbitkan untuk mendorong dan memberi aturan bagaimana berinovasi dalam implementasi kurikulum madrasah. Sehingga dalam penerapannya ada payung hukum dalam pengembangan Madrasah, penguatan Karakter, Pendidikan Anti Korupsi dan Pengembangan Moderasi Beragama pada Madrasah.

KMA Nomor 183 Tahun 2019 dan KMA Nomor 184 Tahun 2019 akan diterapkan secara bertahap pada jenjang MI, MTs dan MA mulai Tahun Pelajaran 2020/2021Harapan dari dikelurakanya KMA Nomor 184 diharapkan memberikan respon positif dan dinamis untuk secara bersama-sama dapat  mengimplementasikannya. sehingga tujuan diterbitkannya KMA ini dapat membawa perubahan pendidikan madrasah lebih bermutu.

Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah,, mau Download lengkap silakan klik DOWNLOAD. Semoga Madrasah bapak/ibu dapat mempedomaninya.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tuliskan Komentar Positif anda