KKO Sesuai Karakteristik Mata Pelajaran
Contoh Kata Kerja Operasional (KKO) sesuai karakteristik Mata Pelajaran (mapel) dari berbagai mapel bahwa ada
KKO yang sesuia untuk setiap mata pelajaran (bidang study). Pengetahuan untuk
mengetahui KKO yang berhubungan dengan kompetensi masing- masing mata pelajaran
sangat diperlukan agar dapat digunakan kata-kata yang tepat dalam membahas
soal-soal yang dibunakan dalam proses pembelajaran.
KKO Sesuai Karakteristik Mata Pelajaran ini digunakan
dalam kurikulum 2013 yang dapat digunakan di semua jenjang satuan pendidikan;
SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA. Anda boleh menyesuaikan dengan jenis mata pelajaran
masing-masing.
KKO Sesuai Karakteristik Mata Pelajaran yang disajikan adalah mata pelajaran sebagai berikut;
1) Berhubungan dengan Kompetensi Perilaku Sosial,2). Berhubungan dengan
Kompetensi Berpikir tingkat Tinggi (HOTS). 3) Berhubungan dengan
Kompetensi Musik (seni). 4) Berhubungan dengan Kompetensi Bahasa. 5) Berhubungan dengan
Kompetensi Drama. 6) Berhubungan dengan Kompetensi Seni Lukis. 7) Berhubungan dengan
Kompetensi Fisik (Jasmani. 8) Berhubungan dengan Prilaku Kreatif. 9) Berhububgan dengan
Kompetensi Matematika. 10) Berhubungan dengan Kompetensi Sains.
Contoh penggunaan kko dapat dilihat dalam table berikut;
Contoh Kata Kerja Operasional
Sesuai dengan Karakteristik Mata Pelajaran
1.
Berhubungan dengan Perilaku Sosial
|
§
Menerima (accept)
§
Mengakui/menerima sesuatu (admit)
§
Menyetujui (agree)
§
Membantu (aid)
§
Membolehkan/menyediakan/memberikan (allow)
§
Menjawab (answer)
§
Menjawab/mengemukakan pendapat dengan alas an-alasan (argue)
§
Mengkomunikasikan (communicate)
§
Memberi pujian/mengucapkan selamat (compliment)
§
Bekerjasama (cooperate)
§
Berdansa (dance)
§
Menolak/menidaksetujui (disagree)
§
Mendiskusikan (discuss)
§
Memaafkan (exscuse)
§
Memaafkan (forgive)
|
§
Menyambut/menyalami (greet)
§
Menolong/membantu (help)
§
Berinteraksi/melakukan interaksi (interact)
§
Mengundang (invite)
§
Menggabung (joint)
§
Menertawakan (laugh)
§
Menemukan (meet)
§
Berperanserta (participate)
§
Mengizinkan/membolehkan (permit)
§
Memuji-muji (praise)
§
Bereaksi (react)
§
Menjawab/menyahut (reply)
§
Tersenyum (smile)
§
Berbicara (talk)
§
Berterimakasih (thank)
§
Berkunjung (visit)
§
Bersukarela (volunteer)
|
2.
Berhubungan dengan Kompetensi Berpikir
tingkat Tinggi
( complex, logical, judgemental
behaviors)
|
§ Menganalisis (analyze)
§ Menghargai (appraise)
§ Menilai (assess)
§ Mengkombinasikan (combine)
§ Membandingkan (compare)
§ Menyimpulkan (conclude)
§ Mengkontraskan (contrast)
§ Mengkritik (critize)
§ Menarik kesimpulan (deduce)
§ Membela/mempertahankan (defend)
§ Menunjukkan/menandakan (designate)
§ Menentukan (determine)
§ Mencari/menjelajah (discover)
§ Mengevaluasi (evaluate)
§ Merumuskan (formulate)
§ Membangkitkan/menghasilkan/ menyebabkan (generate)
§ Membujuk/menyebabkan (induce)
§ Menduga/ mengemukakan pendapat
/mengambil kesimpulan (infer)
§ Merencanankan (plan)
§ Menyusun (structure)
§ Menggantikan
(substitute)
|
§ Menyarankan (suggest)
§ Memilih (chosose)
§ Mengumpulkan (collect)
§ Mendefinisikan (define)
§ Menjelaskan sesuatu (describe)
§ Mendeteksi (detect)
§ Membedakan antara dua macam (differentiate)
§ Membedakan/memilih-milih (discriminate)
§ Membedakan sesuatu (distinguish)
§ Mengidentifikasi (identify)
§ Mengindikasi (indicate)
§ Mengisolasi (isolate)
§ Mendaftarkan (list)
§ Memadukan (match)
§ Meniadakan (omit)
§ Mengurutkan (order)
§ Mengambil (pick)
§ Menempatkan (place)
§ Menunjuk (point)
§ Memilih (select)
§ Memisahkan
(separate)
|
3.
Berhubungan dengan Kompetensi Musik
(seni)
|
§ Meniup (blow)
§ Menundukkan kepala (bow)
§ Bertepuk (clap)
§ Mengubah /menyusun (compose)
§ Menyentuh (finger)
§ Memadankan/berpadanan (harmonize)
§ Menyanyi kecil/bersenandung (hum)
§ Membisu
(mute)
|
§ Memainkan (play)
§ Memetik (misal gitar) (pluck)
§ Mempraktikkan (practice)
§ Menyanyikan (sing)
§ Memetik/mengetuk-ngetuk (strum)
§ Mengetuk (tap)
§ Bersiul
(whistle)
|
4.
Berhubungan dengan Kompetensi Bahasa
|
§ Menyingkat/memendekkan (abbreviate)
§ Memberi tekanan pada sesuatu /menekan (accent)
§ Mengabjad/menyusun menurut abjad (alphabetize)
§ Mengartikulasikan/ mengucapkan
kata-kata dengan jelas (articulate)
§ Memanggil (call)
§ Menulis dengan huruf besar (capitalize)
§ Menyunting/mengedit (edit)
§ Menghubungkan dengan garis penghubung (hyphenate)
§ Memasukkan (beberapa spasi) /melekukkan
(indent)
§ Menguraikan/memperlihatkan garis
bentuk/ menggambar denah atau peta (outline)
§ Mencetak (print)
§ Membaca (read)
§ Mengatakan
(say)
|
§ Mendeklamasikan/membawakan/
menceritakan (recite)
§ Menandai (sign)
§ Berbicara (speak)
§ Mengeja (spell)
§ Menyatakan (state)
§ Menyimpulkan (summarize)
§ Menceritakan (tell)
§ Menerjemahkan (translate)
§ Membagi atas suku-suku kata (syllabicate)
§ Mengungkapkan dengan kata-kata (verbalize)
§ Membisikkan (whisper)
§ Mengucapkan/melafalkan/menyatakan (pronounce)
§ Memberi atau membubuhkan tanda baca (punctuate)
§ Menulis
(write)
|
5.
Berhubungan dengan Kompetensi Drama
|
§ Berakting/berprilaku (act)
§ Menjabat/mendekap/menggenggam (clasp)
§ Menyebrang/melintasi/berselisih (cross)
§ Menunjukkan/mengatur/menyutradai (direct)
§ Memajangkan (display)
§ Memancarkan (emit)
§ Memasukkan (enter)
§ Mengeluarkan (i
§ Mengekspresikan (express)
§ Meniru (imitate)
§ Meninggalkan (leave)
§ Menggerakkan (move)
§ Memainkan/melakukan
(perform)
|
§ Berpantonim/meniru gerak tanpa suara (pantomime)
§ Menyampaikan/menyuguhkan/ mengulurkan
/melewati (pass)
§ Meneruskan/memulai/beralih (proceed)
§ Menanggapi/menjawab/menyahut (respond)
§ Memperlihatka/menunjukkan (show)
§ Mendudukkan (sit)
§ Membalik/memutar/mengarahkan/
mengubah/membelokkan (turn)
|
6.
Berhubungan dengan Kompetensi Seni
Lukis
|
§ Memasang (assemble)
§ Mencampur (blend)
§ Menyisir/menyikat (brush)
§ Membangun (build)
§ Mengukir (carve)
§ Mewarnai (color)
§ Mengkonstruk/ membangun (construct)
§ Memotong (cut)
§ Menerangkan (dot)
§ Menggambar (draw)
§ Mengulang-ulang/melatih (drill)
§ Melipat (fold)
§ Membentuk (form)
§ Mengetarkan/memasang (frame)
§ Memalu (hammer)
§ Menangani (handle)
§ Menggambarkan (illustrate)
§ Mencairkan (melt)
§ Mencampur (mix)
§ Memaku (nail)
§ Mengecat (paint)
§ Menepuk
(pat)
|
§ Menggosok (polish)
§ Menuangkan (pour)
§ Menekan (press)
§ Menggulung (roll)
§ Menggosok/menyeka (rub)
§ Menggergaji (saw)
§ Memahat (sculpt)
§ Menyampaikan/melempar (send)
§ Mengocok (shake)
§ Membuat sketsa (sketch)
§ Menghaluskan (smooth)
§ Mengecap/menunjukkan (stamp)
§ Melengketkan (stick)
§ Mengaduk (stir)
§ Meniru/menjiplak (trace)
§ Menghias/memangkas (trim)
§ Melekatkan/menempelkan/merekatkan (paste)
§ Merengas/memvernis (varnish)
§ Menyeka/menghapuskan/ membersihkan (wipe)
§ Membungkus
(wrap)
|
7.
Berhubungan dengan Kompetensi Fisik
(Jasmani)
|
§ Melengkung (arch)
§ Memukul (bat)
§ Menekuk/melipat/ membengkokkan (bend)
§ Mengangkat/membawa (carry)
§ Menangangkap (catch)
§ Mengejar/memburu (chase)
§ Memanjat (climb)
§ Menghadap (face)
§ Mengapung (float)
§ Merebut/menangkap/mengambil (grab)
§ Merenggut/memegang/menyambar/ merebut (grasp)
§ Memegang erat-erat (grip)
§ Memukul/menabrak (hit)
§ Melompat/meloncat (hop)
§ Melompat (jump)
§ Menendang (kick)
Mengetuk (knock)
|
§ Mengangkat/mencabuti
§ Berbaris (march)
§ Melempar/memasangkan/
memancangkan/menggantungkan (pitch)
§ Menarik (pull)
§ Mendorong (push)
§ Berlari (run)
§ Mengocok (shake)
§ Bermain ski (ski)
§ Meloncat (skip)
§ Berjungkirbalik (somersault)
§ Berdiri (stand)
§ Melangkah (step)
§ Melonggarkan/merentangkan (stretch)
§ Berenang (swim)
§ Melempar (throw)
§ Melambungkan/melontarkan (toss)
Berjalan (walk)
|
8.
Berhubungan dengan Prilaku Kreatif
|
§
Mengubah (alter)
§
Menanyakan (ask)
§
Mengubah (change)
§
Merancang (design)
§
Menggeneralisasikan (generalize)
§
Memodifikasi (modify)
§
Menguraikan dengan kata-kata sendiri (paraphrase)
§
Meramalkan (predict)
§
Menanyakan (question)
§
Menyusun kembali (rearrange)
§
Mengkombinasikan kembali (recombine)
§ Mengkonstruk
kembali (reconstruct)
|
§
Mengelompokkan kembali (regroup)
§
Menamakan kembali (rename)
§
Mengorganisasikan kembali (reorder)
§
Mengorganisasikan kembali (reorganize)
§
Mengungkapkan kembali (repharase)
§
Menyatakan kembali (restate)
§
Menyusun kembali (restructure)
§
Menceritakan kembali (retell)
§
Menuliskan kembali (rewrite)
§
Menyederhanakan (simplify)
§ Mengsintesis
(syntematize)
|
9.
Berhububgan dengan Kompetensi
Matematika
|
§
Menambah (add)
§
Membagi dua (bisect)
§
Menghitungmengalkulasi (calculate)
§
Mencek/meneliti (check)
§
Membatasi (circumscribe)
§
Menghitung/mengkomputasi (compute)
§
Menghitung (count)
§
Memperbanyak (comulate)
§
Mengambil dari (derive)
§
Membagi (divide)
§
Memperkirakan (estimate)
§
Menyairkan/menyimpulkan (extract)
§
Memperhitungkan (extrapolate)
§
Membuat grafik (graph)
§
Mengelompokkan (group)
§ Menyisipkan/menambah (interpolate)
|
§
Memadukan/mengintegrasikan (itegrate)
§
Mengukur (measure)
§
Mengalikan/memperbanyak (multiply)
§
Menomorkan (number)
§
Membuat peta (plot)
§
Membuktikan (prove)
§
Mengurangi (reduce)
§
Memecahkan (solve)
§
Mengkuadratkan (square)
§
Mengurangi (substract)
§
Menjumlahkan (sum)
§
Mentabukasi (tabulate)
§
Mentally (tally)
§ Memverifikasi
(verify)
|
10. Berhubungan dengan Kompetensi Sains
|
§
Menjarkan (align)
§
Menerapakan (apply)
§
Melmpirkan (attach)
§ Menyeimbangkan (balance)
|
§
Mengkalibrasi (calibrate)
§
Melaksanakan (conduct)
§
Menghubungkan (connect)
§ Mengganti (convert)
|
|
Demikian pengelompokan KKO Sesuai Karakteristik Mata Pelajaran yang telah digunakan dalam
kurikulum 2013. Semoga bermanafaat kepada bapak/
guru agar dapat membantu dalam proses pembelajaran. Amin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan Tuliskan Komentar Positif anda